Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Model Pembelajaran Konsep Dasar IPS SD Berbantuan Aplikasi Youtube Channel Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka

Sudrajat, Ajat and Darojat, Ojat and Kustandi, Cecep and Purwatiningsih, Ananastasia Sri Endang and Mikdar, Syaeful and Thalib, Jasmi Bin Abu (2024) Model Pembelajaran Konsep Dasar IPS SD Berbantuan Aplikasi Youtube Channel Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
model pembelajaran konsep dasar ips.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas model pembelajaran berbantuan aplikasi YouTube Channel dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka terhadap Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model Borg & Gall yang melibatkan sepuluh tahapan, mulai dari penelitian awal hingga diseminasi produk. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara dengan mahasiswa dan dosen untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran berbasis video. Produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran yang diunggah di YouTube Channel dan diujicobakan pada 100 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan matching-only pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbantuan YouTube Channel secara signifikan meningkatkan pemahaman mahasiswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan video pembelajaran menunjukkan peningkatan skor pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata peningkatan skor pada kelompok eksperimen mencapai 25 poin, sementara kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 11 poin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis YouTube Channel merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi Konsep Dasar IPS. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi respon positif dari mahasiswa terkait penggunaan video pembelajaran, yang dianggap lebih menarik dan memudahkan dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Disarankan agar model pembelajaran ini diimplementasikan secara lebih luas di Universitas Terbuka dan dikembangkan untuk mata kuliah lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: YouTube Channel, pembelajaran berbantuan video, Konsep Dasar IPS, PGSD, Universitas Terbuka.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:00
Last Modified: 18 Feb 2025 08:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item