Syaikhu, Ahmad (2025) Persepsi Guru Dalam Menerapkan Metode Project Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Jakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)
|
Text
Penelitian A. Syaikhu 2024.pdf Download (993kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dalam pembelajaran profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar menggunakan project learning. Metode penelitian ini menggunakan metode survey pembelajaran di lapangan tentang profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Analisis data menggunakan pendekatan mix method, kualitatif dan kuantitatif sederhana. Data diambil dari lembaga pendidikan anak usia dini di Jakarta menggunakan sampel acak (random sampling), selain itu juga dilakukan wawancara mendalam untuk menggambarkan persepsi secara natural. Instrumen dikembangkan bersarkan definisi konseptual dan oprational persepsi guru pada pembelajaran profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka dan profil pelajar Pancasila telah diterima dan diimplementasikan dengan baik oleh para pendidik. project learning bermanfaat dan membantu dalam proses pembelajaran. Melalui Penelitian ini diharapkan pemangku kebijakan, guru maupun praktisi dapat menjadi acuan pemberian pembelajran yang efektif dan efisien di sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, Project Learning, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 09:55 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 09:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |