Andriyansah, (2018) Keunggulan Posisional Nilai Produk Ergo-Ikonik Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Doctoral thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
|
Text
COVER-intisari -dafis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan literatur sebelumnya, hubungan kapabilitas inovatif terhadap kinerja pemasaran masih terjadi inkonklusif. Beberapa penelitian terdahulu membuktikan bahwa kemampuan inovatif dapat meningkatkan kinerja pemasaran, sementara itu penelitian lain membuktikan sebaliknya yaitu kapabilitas inovatif tidak dapat mendorong peningkatan kinerja pemasaran. Penelitian ini mengembangkan kapabilitas inovatif untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Indikator kapabilitas inovatif yang dikembangkan yaitu ide baru, produk sulit ditiru, desain berbeda, dan menyesuaikan kondisi pasar. Indikator kinerja pemasaran berupa peningkatan pada penjualan, keuntungan, jumlah pelanggan, distribusi produk, dan pertumbuhan pangsa pasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model keunggulan posisional nilai prorduk Ergo-Ikonik yang disintesis dari Resource Advantage Theory of Competition. Responden penelitian adalah UKM Mebel/Furniture di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah populasi 769 UKM. Teknik pengumpulan data menggunakan Proportional Stratified random sampling dan purposive sampling. Penyebaran kuesioner memperhatikan kriteria responden yang telah menjalankan kegiatan bisnis minimal satu tahun. Kuesioner yang dianalisis adalah sebanyak 287 buah responden. Model penelitian ini sebanyak 6 variabel serta 21 buah indikator replektif. Analisis data menggunakan stuctural equation modeling (SEM) versi 21, uji model partial dan tes Sobel untuk mengukur kekuatan peran mediasi pada model penelitian ini. Hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut. 1. Semakin meningkat Kapabilitas Inovatif maka semakin tinggi keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik. 2. Semakin meningkat keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik maka semakin tinggi kinerja pemasaran. 3. Semakin meningkat kapabilitas teknologi maka semakin tinggi kapabilitas inovatif. 4. Semakin meningkat kapabilitas teknologi maka semakin tinggi keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik. 5. Semakin meningkat kapabilitas teknologi maka semakin tinggi kinerja pemasaran. 6. Semakin meningkat keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik maka semakin tinggi kapabilitas kompetitif pasar. 7. Semakin meningkat kapabilitas kompetitif pasar maka semakin tinggi kekuatan penetrasi pasar. 8. Semakin meningkat kekuatan penetrasi pasar maka semakin tinggi kinerja pemasaran. 9. Signifikansi Keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik sebagai mediasi antara kapabilitas inovatif dengan kinerja pemasaran. Sembilan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukan pembuktian yang empiris yang signifkansi. Sehingga, Studi ini juga, berhasil membuktikan bahwa model dan konsep yang diajukan pada penelitian ini yaity keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik terbukti memberikan pengarh yang signifikan. Mediasi untuk menjawab inkonklusif penelitian sebelumnya berhasil menunjukan perananya yang terbukti berperan menjadi mediator antara kapabilitas inovatif terhadap kinerja pemasaran. Studi ini mewarkan tiga alternatif strategi untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Pada implikasi manajerial selain fokus pada keunggulan nilai produk ergo-ikonik perusahaan harus memperhatikan dukungan konstruk lain yang dapat mempengaruhi signifikansi kinerja pemasaran.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information (ID): | 25/C0001.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kapabilitas inovatif, keunggulan posisional nilai produk ergo-ikonik, kapabilitas teknologi, kapabilitas kompetitif pasar, kekuatan penetrasi pasar, kinerja pemasaran. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.83 Market Research, Market Analysis (Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:31 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 09:34 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |