Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Pengembangan E-Modul Terintegrasi Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Android

Ardianto, Eri (2023) Pengembangan E-Modul Terintegrasi Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Android. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilakukan dengan dengan beberapa pembatasan social pasca pandemi covid 19. Hal ini berdampak pada rendahnya capaian hasil belajar matematika peserta didik di SMA Negeri 5 Tebo. Dari identifikasi masalah disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya siswa belum mampu belajar mandiri secara efektif dan bahan ajar berupa modul cetak yang digunakan peserta didik belum efektif Oleh karena itu peneliti mengembangkan E-Modul terintegrasi PMR berbasis Android. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan e-modul terintegrasi PMR berbasis android untuk menghasilkan bal1an ajar interaktif yang berkualitas sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Matematika, 2) Mengetahui kelayakan e-modul terintegrasi PMR. berbasis android pada mata pelajaran Matematika, dan 3) Mengetahui keefektifan e-modul terintegrasi PMR berbasis android pada hasil belajar Matematika pengetahuan peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket dan soal pilihan ganda. Instrument yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk mengetahui kelayakan e-modul terintegrasi PMR berbasis android, angk.et respon guru dan peserta didik untuk mengetahui tanggapan pengguna e-modul dn soal a pilihan ganda untuk mengevaluasi hasil belajar pada eksperimen implementasi e¬modul. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar dan saran perbaikan dari validator, gum dan peserta didik sedangkan kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penelitian oleh guru dan peserta didik serta untuk mengolah data hasil uji efektifitas. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan e¬rnodul terintegrasi PMR berbasis android yang dilakukan oleh alui desain, dan al1li materi dinyatakan layak dan dapat digunakan, sedangkan hasil respon guru diperoleh persentase 91 % dalam kategori sangat layak digunakan, hasil respon peserta didik dalam ujicoba diperoleh rata persentase 90% dalam kategori sangat layak dan hasil implementasi lapangan atau efektifitas diperoleh rata-rata hasil belajar 70 dengan ketuntasan klasikal 74% pada kelas kontrol dan rata - rata basil belajar adalah 80 dan persentase ketuntasan klasikal 86% pada kelas eksperimen. Dari uji Independent Sample T-Test didapatkan t hitung > dari t tabel berarti rata - rata hasil belajar kelas dengan menggunakan e-modul terintegrasi PMR berbasis android secara signifikan lebih baik dari rata -rata hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: E-Modul; PMR; Android
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:24
Last Modified: 21 Jul 2025 07:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item View Item