Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Media Komputer pada Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai

Yuliani, (2013) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Media Komputer pada Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41119.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang biasanya rendah karena pelajaran matematika yang pada umumnya dianggap sulit dipelajari oleh siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan bantuan komputer. Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas kegiatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan bantuan media komputer dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam memahami pengetahuan yang sedang dipelajari serta untuk menciptakan suasana belajar matematika yang menyenangkan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan dilakukan untuk menjawab hipotesis utama yaitu: terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan bantuan komputer pada materi dimensi tiga. Model pembelajaran kooperatif yang diterapkan kepada siswa dan khusus dibahas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatiftipe STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai Propinsi Sulawesi Selatan tabun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling. Terdiri dari satu kelas yang beranggotakan 36 orang siswa. Analisis hipotesis dilakukan dengan Uji-t Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi dimensi tiga, ini bisa dilihat dari nilai t hitung = 91,214 dengan p value < α (α = 0,05). Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa memahami pelajaran matematika yang umumnya dianggap sulit bagi siswa dapat dipahami dengan lebih mudah dan menyenangkan serta menarik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan bantuan komputer. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan bantuan komputer secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41119.pdf
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, dimensi tiga, komputer, student teams achievement divisions
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:24
Last Modified: 08 Aug 2016 07:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item