Kefektifan Model Pembelajaran Matematika RME Berbasis Pendidikan Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Materi Volum Bangun Ruang Kelas VIII

Supangkat, Heri (2013) Kefektifan Model Pembelajaran Matematika RME Berbasis Pendidikan Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Materi Volum Bangun Ruang Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41333.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan materi yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian peserta didik dan perlu segera penanganan untuk mengatasi masalah ini. Pembelajaran dengan pendekatan model pembelajaran RME berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran merupakan suatu terobosan baru yang memadukan pembelajaran kontekstual dan kebermaknaan. Artinya membimbing peserta didik kepada kemampuan menemukan dan berlatih secara intensif sehingga peserta didik mempunyai kecakapan matematika pada materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah agar pembelajaran efektif yang ditandai dengan ketuntasan belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan meningkatnya motivasi dan karakter peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya adalah peserta didik kelas 8 SMP Negeri 2 Doro sebanyak 72 anak dengan sampel kelas VIIIC SMP 2 Doro Pekalongan. Desain penelitiannya meliputi persiapan awal, pemilihan kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas ujicoba, . Data diolah dengan analisis regresi, uji pengaruh, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pembelajaran efektif, hal ini ditunjukkan dengan analisis data akhir dengan uji ketuntasan klasikal diperoleh 83% peserta didik kelas eksperimen tuntas belajar dan dengan uji proporsi diperoleh hasil secara klasikal peserta didik tuntas belajar lebih dari 80% terpenuhi. Dengan uji beda rata-rata diperoleh hasil nilai sig 0,17 = 17%, artinya ada perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dan rata-rata kelas eksperimen 83%, lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 70,8%. Pada uji pengaruh dihasilkan ada pengaruh positif x1 terhadap variabel y sebesar R2 = 88,6% sedangkan dari variabel x2 terhadap y memberikan pengaruh sebesar R2 = 94,6%. Selanjutnya dari varibel x1 dan x2 memberikan pengaruh positif bersama-sama terhadap y sebesar R2 95,5%. Artinya faktor motivasi dan pendidikan karakter mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah bersama-sama sebesar 0,955 sedangkan 0,045 dipengaruhi oleh faktor lain. Secara umum model pembelajaran matematika RME berbasis pendidkan karakter berbantuan CD pembelajaran lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan tercapainya ketuntasan minimal yaitu ≥ 70, kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan meningkatnya motivasi dan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41333.pdf
Uncontrolled Keywords: RME, Character, CD Learning, Build Space,Karakter, CD Pembelajaran, Bangun Ruang
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:40
Last Modified: 08 Aug 2016 07:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item