Analisis SWOT Dan Penyusunan Strategi Pemasaran Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang

Syahroni, Benny (2011) Analisis SWOT Dan Penyusunan Strategi Pemasaran Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40779.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pelabuhan (terminal) ferry intemasional Sekupang. Pelabuban ferry intemasionaI Sekupang adaIah pelabuhan umum untuk penyeberangan intemasional dari Batam-Indonesia ke pelabuhan Singapura. Saat ini PT. lndodhanna Corpora dipercaya oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam yang dikenal sekarang sebagai Badan Pengusahaan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP-Batam) untuk membantu mengelola dan memelihara pelabuban ferry intemasional Sekupang seJama 28 tabun. Tujuan yang ingin dicapai dari peneJitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang menjadi keltuatan dan kelemahan pelabuhan ferry intemasional Sekupang. (2) untuk mengetabui apakah faktor-faktor yang menjadi peJuang dan ancaman bagi pelabuhan ferry intemasional Sekupang, (3) untuk menganalisis bagaimana posisi peJabuhan ferry internasional Sek.upang dibandingkan dengan pelabuhan umum dan pelabuhan khusus lainnya, dan (4) untuk menganalisis bagaimana proses penyusunan strategi pemasaran pada pelabuhan ferry intemasional Sekupang. Metode yang digunakan adalah Penelitian deskriptif kuantitati( untuk mengukur faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan dan profil persaingannya. Selanjutnya menyusun matrik IE (internal External) untuk mengetahui posisi perusahaan dan strategi apa yang dapat dijalankannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama pelabuhan ferry internasional Sekupang adalah sumberdaya . fisik (rating 5,00 dan skor 0,80), pelayanan yang memberikan kenyamanan kepada konsumen (rating 3,80 dan skor 0,57), dan sumberdaya manusia (rating 4,20 dan skor 0,41). Diikuti oleh status sebagai pelabuhan umum, reputasi ~teknologi, serta riset dan pengembangan. Kelemahan perusahaan adalah lokasi pelabuhan yang jauh dari pusat kota (rating 3,40, skor 0,40), penguasaan pasar yang kecil (rating 3,00, skor 0,27) dan strategi pemasaran yang tidak jelas (rating 3,20, skor 0,24) diikuti oleh sumberdaya organisasi dan sumberdaya finansial. Peluang yang dapat dimanfaatkan perusahaan cukup besar terutama jarak tempuh pelabuhan yang lebih dekat ke Singapura dan bertambahnyajumlah operator pelayaran serta diikuti oleh kondisi ekonomi, dan gaya hidup masyarakat serta pembebasan biaya fiskal ke Singapura dan Malaysia. Ancaman terbesar bagi pelabuhan ferry intemasional Sekupang adalah terdapatnya pelabuhan khusus yang melayani penumpang umum dan lokasi pelabuhan yang mudah dicapai. Kenaikan seaport taxes juga menjadi salah satu ancaman yang patut diperhatikan oleh perusahaan. Terdapat dua pesaing utama perusahaan, yaitu pelabuhan khusus Harbourbay dan pelabuhan umum Batam Centre. Dan hasil yang diperoleh pada matriks profil persaingan posisi pelabuhan ferry intemasional Sekupang adaIah kuat dengan skor 3,70 sementara skor pelabuhan Batam Centre adalah 3,35 dan skor pelabuhan Harbourbay adalah 3,25. Untuk menentukan strategi yang akan dipilih, posisi perusahaan ditentukan dengan menggunakan matrik IE. Strategi yang akan dijalankan adalah tumbuh dan kembangkan sesuai posisi pelabuhan di sel I. Untuk ito, strategi pemasaran perusahaan yang selama ini belum direncanakan dan dilaksanakan secara terarah akan terus dikembangkan dengan menekankan pada segmentasi, targeting, positioning dan bauran pemasaran jasa (7P) yang lebih tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40779.pdf
Uncontrolled Keywords: analisis swot, strategi pemasaran, swot analysis, marketing strategy
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.83 Market Research, Market Analysis (Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 09:06
Last Modified: 08 Aug 2016 09:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item