Arnidha, Yunni (2013) Efektifitas Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41610.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman merupakan aspek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis membantu siswa dalam menyajikan konsep secara representative, mengaplikasikannya secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Selain mengembangkan kemampuan kognitif siswa yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran matematika diharapkan dapat mengembangkan kemampuan efektif siswa yaitu disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk I) Mengetahui efektifitas kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah; 2) Mengetahui efektifitas disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah.. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK KH Ghalib Pringsewu Lampung dengan jenis kuasi eksperimen menggunakan Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dipilih dua kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran TPS dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian kemampuan pemahaman rnatematis dan angket disposisi dengan model skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41610.pdf |
Uncontrolled Keywords: | think pair share, mathematical understanding, disposition think pair share, pemahaman matematis, disposisi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 09:14 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 11:52 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1140 |
Actions (login required)
View Item |