Efektivitas Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbasis Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX SMPN 39 Bulukumba

Idaharyani, (2013) Efektivitas Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbasis Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX SMPN 39 Bulukumba. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41338.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru yaitu: rendahnya hasil belajar matematika siswa, rendahnya keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran, dan rendahnya respon siswa terhadap metode, pendekatan, dan model pembelajaran yang digunakan guru. Salah satu penyebabnya karena dalam pelaksanaannya pembelajaran masih berpusat kepada guru. Pada penelitian ini digunakan pendekatan open ended dengan model pembelajaran kelompok, model pembelajaran ini dapat menggali potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat memupuk rasa percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapat atau ide-ide. Materi pembelajaran yang akan diajarkan adalah bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan :1) seberapa besar efektivitas pendekatan Open-Ended berbasis kooperatif tipe STAD untuk pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung, 2) seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa pada bangun ruang sisi lengkung yang diajar dengan pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran biasa. Desain penelitian ini adalah static group comparison design dengan satuan eksperimen adalah siswa kelas IX A dan siswa kelas IX B SMPN 39 Bulukumba tahun pelajaran 2012-2013. Kelompok yang diberi perlakuan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD adalah siswa kelas IX A sejumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX B sejumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Prosedur pengumpulan data diawali dengan validasi instrumen atau alat ukur, uji coba instrumen, dan dianalisis. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas belajar siswa, lembar respon siswa, dan tes hasil belajar siswa.Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis digunakan untuk membuktikan hipotesis bahwa “Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan open-ended berbasis kooperatif tipe STAD dan pengajaran biasa.” Hasil analisis menunjukkan keaktifan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak jauh berbeda, kecuali pada saat guru menerapkan pendekatan open ended berbasis kooperatif tipe STAD pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa pada kelas kontrol, kedua kelas memiliki keaktifan yang jauh berbeda. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended berbasis kooperatif sangat baik, sedangkan pembelajaran biasa mendapat respon sangat kurang dari siswa kelas kontrol. Sebagai kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan open ended berbasis kooperatif tipe STAD mampu mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran open-ended membuat siswa bebas berekspresi, berani mengungkapkan pendapat karena memiliki kesempatan yang sama dalam memberikan jawaban, tak perlu ragu akan benar atau salah proses dari jawaban, dan siswa merasa senang karena dihargai ide-ide mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41338.pdf
Uncontrolled Keywords: Open-Ended approach, Cooperative Type STAD, Space Curved Side,Pendekatan Open-Ended, Kooperatif Tipe STAD, Bangun Ruang Sisi Lengkung
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 05:50
Last Modified: 04 Oct 2018 12:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item