Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Wingeom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA

Ikhsanudin, (2013) Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Wingeom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41339.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Survei PISA menyimpulkan bahwa prestasi matematika Indonesia pada tahun 2000, 2003, 2006 dan 2009 berada pada posisi di bawah rata-rata internasional. Menurut laporan Balitbang Kemendikbud pada tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan daya serap kompetensi matematika secara nasional terendah ada di kompetensi geometri pada jenjang SMA. Hal ini pun terjadi di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Timur. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh dari masalah geometri. Penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD yang dipadukan dengan program wingeom diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa pada pembelajaran konvensional dengan kooperatif tipe STAD, (2) menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa pada pembelajaran konvensional dengan kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom, (3) menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom dan tanpa berbantuan wingeom. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre test and post test non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur dan pengambilan sampelnya dengan tekhnik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, yaitu membandingkan perolehan skor rata-rata N-Gain yang diperoleh oleh masing-masing siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah geometri siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah geometri siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan program wingeom lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) kemampuan pemecahan masalah geometri siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan program wingeom lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa bantuan program wingeom. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan bantuan program wingeom mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa SMA. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah terutama pada saat harus melihat kembali apakah penyelesaian yang dilakukan sudah tepat atau belum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41339.pdf
Uncontrolled Keywords: cooperative learning type STAD, wingeom, geometry, problem Solving, pembelajaran kooperatif tipe STAD, wingeom, pemecahan masalah, geometri
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:25
Last Modified: 05 Oct 2018 09:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item