Pengaruh Pendekatan Pembelajaran lnkuiri Tebimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Meidawati, Yenny (2013) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran lnkuiri Tebimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41599.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 1 Bulok Kabupaten Tanggamus. Untuk mengukur ketercapaian tujuan dengan cara membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bulok Kabupaten Tanggamus. Sebanyak 119 siswa yang terdiri dari 4 kelas, dengan rincian kelas VIII-A sebanyak 29 orang, kelas VIII-B sebanyak 30 orang, VIII-C sebanyak 30n orang, kelas VIII-D sebanyak 30. Sampel dalarn penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol konvensional, yang diambil dengan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai tingkat kemarnpuan yang re1atif sarna. Instrumen dalam penelitian berupa soal berbentuk essay sebanyak 5 butir untuk mendapatkan data kemarnpuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis data diperoleh: (l) Rata-rata peningkatan kempuan pemecahan masalah pada kelas ekperimen sudah mencapai katagori tinggi yaitu sebesar 0,70 sedangknan pada kelas kontrol rata-rata peningkatan belajar hanya 0, 56 pada katagori sedang. (2) Rata-rata peningkatan kemarnpuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih dari siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41599.pdf
Uncontrolled Keywords: the guided inquiry, influence, mathematical problem solving, inkuiri terbimbing, pengaruh, pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:44
Last Modified: 13 Feb 2019 07:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item