Efektifitas model PembelaJaran Berbasis Masalah Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Dengan Tehnik Jigsaw Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA

Ismail, Ismail (2014) Efektifitas model PembelaJaran Berbasis Masalah Menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) Dengan Tehnik Jigsaw Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41867.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang selama ini diterapkan oleh guru kurang melibatkan siswa sehingga siswa menjadi pasif dan merasa pembelajaran kurang bermakna. Akibatnya motivasi belajar siswa kurang dan akhirnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu alternatip untuk menjawab permasalahan-permasalahan klasik dunia pendidikan kbususnya dalam pengelolaan pembelajaran adalah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKS dengan tehnik jigsaw yang diyakini akan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran berbasis masalah akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif menentukan clan membuat konsep pengetahuan, meningkatkan motivasi siswa, serta meningkatkan hasil belajar. LKS dengan tehnik jigsaw dimaksudkan agar siswa bisa berkolaborasi dengan teman yang ada pada kelompok asal ataupun kelornpok ahli. Berkolaborasinya siswa dengan Ieman dalam memecahkan masalah cliyakini akan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan untuk menganalisis efektifitas pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKS dengan tehnik jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hipotesis pada penelitian ini : (I) Model pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKS dengan tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa, dan (2) Model pembelajaran berbasis maalah rnenggunakan LKS dengan tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dmjau dari hasil belajar siswa. Hasil anal isis menunjukkan : (1) ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan oleh hasil uji t Menggunakan SPSS yakni (Sig (1-tailed)= 0,000 < 0,05) dari hasil uji effect size dengan tingkat efectifitasnya 63% < 75%, dan (2) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney U-Test (Asymp.Sig ( 1-tailed)= 0.00 < 0,05) dan hasil uji effect size dengan tingkat efektifitas 75%. Pnelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKS dengan tehnik jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan pembelaiaran konvensional ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa. Model pernbelajaran berbasis masalah menggunakan LKS bisa menjadi salah satu alternatif guru dalam mengelola pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKS dengan tehnik Jigsaw akan efektif jika disertai dengan pertimbangan karakter siswa dan kecocokan materi ajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41867.pdf
Uncontrolled Keywords: Effectinness, Problem-Based Learning Model, Jigsaw Model of Students' Worksheets, Learning Motivation, Learning Achievement, Efektifitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, LKS Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2016 02:52
Last Modified: 10 May 2016 02:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item