Kalimatillah, Irfa (2013) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa MTs. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41496.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan koneksi dan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang melibatkan siswa aktif. Salah satu model pembelajaran yang memotivasi keaktifan siswa yang mempengaruhi kemampuan koneksi dan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl). Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengaruh kemampuan koneksi dan komunikasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) serta mengetabui perbedaan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) ditinjau dari tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and postest non equivalent group design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VITI MTs Persis Benda Tasikmalaya tabun pelajaran 2012/2013. Sampel dipilih secara acak menurut kelas dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) dan kelas VITI C sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian adalah dengan melaksanakan tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematis yang diberikan sebagai postes. IV Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) lebih baik daripada kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa melalui penggunaan model pembelajaran konvensional serta terdapat perbedaan kemampuan koneksi dam komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAl) dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional ditinjau dari tingkat kemampuan siswa tinggi, sedang, dan rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41496.pdf |
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning model, team assisted individualization (tai), mathematical connections, communication ofmathematical, model pembelajaran kooperatif, team assisted individualization (tai), koneksi matematis, komunikasi matematis |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 06:23 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 11:42 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1295 |
Actions (login required)
View Item |