Penerapan Model Pernbelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Maternatis Siswa SMA

Setiyantono, (2013) Penerapan Model Pernbelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Maternatis Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41563.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kemampuan pemahaman dan komunikasi maternatis adalab pembelajaran kooperatif Numbered Heada Together (NHT). Model pembelajaran ini, membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-rnasing anggota kelompok diberi nomor untuk memudahkan kinetja, mengubah POStSl, menyusun materi, mernpresentasikan, dan rnendapat tanggapan dari kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). kemampuan pemahaman dan kornunikasi matematis siswa yang memperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif NHT lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. dan 2). informasi pendapat siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group, Pretest-Posnest Design. Pada desain tersebut kelompok pengendali tidak diacak. Populasi penelitian ini adalab seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Kotaagung Kabupaten Tanggamus. Selaujutnya sampel penelitian ini adalab kelas XI !PA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPAl sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. T es berupa soal uraian secara tertulis sedangkan non tes berupa angket pendapat siswa dengan carn memberi tanda ceklis. Pengnjian statistik yang dignnakan adalab uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Perhihmgannya dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan Software SPSS V 16 for Windows. Pengnjian tersebut dengan tarafkonfidensi 95% atau a = 0,05. Angket pendapat siswa menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis seluruh temuan menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh penerapan model pembelajanm kooperatif NHT mengalami peningkatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Skor tes awal maupun akhir kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis untuk siswa yang roemperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif NHT selalu lebih baik dari pembelajaran konvensional dalam hal skor terendah, skor tertinggi. dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) lebih baik bila dibandingkan dengau siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41563.pdf
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperarif, NHT, pemahaman matematis. komunikasi matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:26
Last Modified: 26 Jul 2019 04:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item