Pemetaan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Sekolah Di Taman Kanak-Kanak

Siti, Fatimah (2012) Pemetaan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Sekolah Di Taman Kanak-Kanak. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (I) membuat pemetaan antara gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan motivasi guru terhadap peningkatan kinerja sekolah, (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sekolah, (3). Mengidentifikasi pelaksanaan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. (4). Mengidentifikasi motivasi guru TK dalam bekerja.Disain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif, menggunakan survey untuk mengetahui pemetaan antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah komunitas pendidikan taman kanak-kanak di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Pada penelitian ini teknik penarikan sampel mengunakan teknik sampel random. Adapun jurnlah total sempel adalah 62 orang responden terdiri dari besarnya sampel kepala TK untuk penelitian ini adalah 7 orang yang dipilih secara random. Besarnya sampel guru taman kanak-kanak untuk penelitian ini adalah 55 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan yang menonjol di 7 sekolah TK adalah gaya kepemimpinan permisif dan demokratis. Dari analisis faktor motivasi kerja temyata diperoleh hasil bahwa faktor yang menonjol dari beberapa indiaktor variabel motivasi guru adalah : ketekunan, keuletan, minat, dan kemandirian guru. Dari hasil pemetaan dapat dinyatakan bahwa: sekolah Taman Kanak-kanak yang memiliki motivasi guru yang tinggi maka akan tinggi pula kinerja sekolahnya, dan gaya kepemimpinan yang paling sesuai untuk diterapkan di sekolah Taman Kanak-kanak adalah gaya kepemimpinan demokratis dan paternalistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41002.pdf
Uncontrolled Keywords: leadership style, motivation, performance, kindergarten, gaya kepemimpinan, motivasi, kinerja, taman kanak-kanak
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:39
Last Modified: 26 Jul 2018 07:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item