Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kabupaten Sinjai

Suardi, Muh. (2013) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kabupaten Sinjai. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41368.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, kecerdasan emosional terhadap kesadaram metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dan dilakukan untuk menjawab sembilan hipotesis utama, yaitu ada tidaknya : (1) pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap kesadaran metakognisi, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kesadaran metakognisi, (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesadaran metakognisi, (4) pengaruh motivasi belajar, kecerdasan emosional dan kesadaran metakognisi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, (5) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika (6) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika,(7) pengaruh kesadaran metakognisi terhadap hasil belajar matematika, (8) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematikadan dan (9) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai Tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan path analysis. Analisis hipotesis dilakukan dengan path analisis model trimming dan modellisrel. Hasil analisis menunjukkan Motivasi belajar berpengaruh langsung secara signifIkan terhadap keadaran metakognisi (p = 0,0001), Kecerdasan emosional tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap keadaran metakognisi jika tanpa memperhitungkan motivasi belajar (p = 0,881), motivasi belajar berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika (p = 0,0001), kecerdasan emosional berpengaruh langsung secara signifIkan terhadap hasil belajar matematika (p = 0,0001), kesadaran metakognisi berpengaruh langsung secara signifIkan terhadap hasil belajar matematika (p = 0,0001), terdapat pengaruh tidak langsung secara signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika (p = 0,0001) dan terdapat pengaruh tidak langsung secara signiftkan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika jika memperhitungkan motivasi belajar (p = 0,038). Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan kesadaran metakognisi terhadap hasil belajar matematika, motivasi belajar berkontribusi secara signiftkan terhadap kesadaran metakognisi serta motivasi belajar dan kecerdasan emosional masing berkontribusi secara signiftkan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41368.pdf
Uncontrolled Keywords: learning motivation, emotional intelligence, metacognitive awareness, math learning outcomes, Motivasi belajar, kecerdasan emosional, kesadaran metakognisi, hasil belajar matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:40
Last Modified: 11 Aug 2016 06:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item