Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs

INSIYAH, SITI (2013) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41394.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTsN 2 Bandar lampung. Pendekatan pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) dan pendekatan pembelajaran konvensional yang digunakan untuk mengukur pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sampel diteliti dengan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Bandar lampung sebanyak 356 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII-E yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) dan kelas VIII-A yang dibelajarkan pendekatan pembelajaran konvensional, dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai tingkat kemampuan yang relatif sama. Instrumen dalam penelitian berupa soal berbentuk essay sebanyak 8 butir untuk menda-patkan data tentang kemampuan awal (data pre-test) serta kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran Hasil penelitian adalah: (1) pencapaian rata-rata peningkatan pembelajaran pada kelas ekperimen sudah mencapai katagori tinggi yaitu sebesar 0,710 sedangknan pada kelas kontrol rata-rata peningkatan belajar hanya 0, 595 pada katagori sedang. (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) lebih baik dari siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) mencapai nilai lebih tinggi dari pada pencapaian nilai siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. pada kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) rata-rata post-test 75,60, siswa tuntas belajar sebanyak 77,5% dan dapat dikatakan tuntas secara kelasikal. Sedangkan pada kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional rata-rata post-test hanya 66,69 , siswa yang tuntas belajar sebanyak 57,5% dan dinyatakan tidak tuntas secara kelasikal Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41394.pdf
Uncontrolled Keywords: contextual learning, influence, solving mathematical problems,Pembelajaran kontektual, Pengaruh, Pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:48
Last Modified: 11 Aug 2016 06:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item