Kontribusi Kualitas Komunikasi dan Kemampuan Manajemen Konflik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sagulung Kota Batam Propinsi Kepulauan Riau

Indrijati, Lies (2013) Kontribusi Kualitas Komunikasi dan Kemampuan Manajemen Konflik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sagulung Kota Batam Propinsi Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41511.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kinerja mengajar guru merupakan faktor penting dalam menetukan prestasi belajar peserta didik. Baik buruknya kinerja mengajar guru tersebut ditentukan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor penting adalah seberapa baik komunikasi yang dilakukan kepala sekolah dan seberapa baik gaya manajemen konflik yang dilakukan kepala sekolah. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui seberapa besarkontribusi komunikasi kepala sekolah dan gaya manajemen konflik yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru, khususnya guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sagulung Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey serta teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan angket. Populasi penelitian berjumlah 234 orang, sedangkan sampel berjumlah 146 orang yang tersebar di Kecamatan Sagulung dan 14 Sekolah Dasar Negeri sebagian besar guru mengisi angket yang disebarkan. HasH penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kepala sekolah SD Negeri Kecamatan Sagulung Kota Batam berada pada kategori cukup tinggi, sedangkan gaya manajemen konflik kepala sekolah berada pada kategori rendah, dan kinerja mengajar guru berada pada kategori cukup tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi kepala sekolah (Xl) dengan kinerja mengajar guru (Y), yaitu kontribusi komunikasi terhadap kinerja adalah 18.1% Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya manajemen konflik kepala sekolah (X2) dengan kinerja guru(Y), yaitu kontribusi gaya manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 13.1% Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi kepala sekolah (Xl) dan gaya manajemen konflik (X2) dengan kinerja guru (Y), yaitu kontribusi komunikasi dan gaya manajemen konflik terhadap kinerja guru adalah 24,4% Kepada kepala SD Negeri Kecamatan Sagulung Kota Batam agar dapat menyadari bahwa komunikasi dan manajemen konflik yang baik adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja mengajar guru, secara deskriptif diketahui bahwa para kepala sekolah belum optimal(rendah) dalam melaksanakan gaya manajemen konflik, untuk itu disarankan dapat menambah pengetahuan dari berbagai sumber tentang manajemen konflik Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana kontribusi faktor faktor lain seperti, struktur organisasi, iklim organisasi, kepemimpinan, insentif yang tidak diselidiki dalam penelitian ini terhadap kinerja mengajar guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41511.pdf
Uncontrolled Keywords: communication quality, conflict management skills and performance, kualitas komunikasi, kemampuan manajemen konflik, kinerja
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.405 Negotiation, Conflict, Crisis Management (Negosiasi, Manajemen Konflik, Manajemen Krisis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:22
Last Modified: 08 Oct 2018 04:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item