Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Emphaty Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Umum Daerah Sungailiat Kabupaten Bangka

Yunita, Sri Minarty (2013) Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Emphaty Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Umum Daerah Sungailiat Kabupaten Bangka. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41056.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan perorangan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit mempunyai karakteristik dan organisasi yang sangat kompleks. Berbagai jenis tenaga kesehatan dengan perangkat keilmuan yang beragam, berinteraksi satu sama lain. Ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berkembang sangat pesat yang perlu diikuti oleh tenaga kesehatan dalam rangka pemberian pelayanan yang bermutu standar, membuat semakin kompleks permasalahan di rumah sakit. Keberadaan rumah sakit umum akhir-akhir ini menjadi sorotan, karena fungsi rumah sakit umum sebagai sarana pelayanan kesehatan sudah menjadi kebutuhan. Masalah utama sebagai sebuah lembaga jasa pelayanan kesehatan adalah semakin banyaknya pesaing. Oleh karena itu, agar dapat tetap eksis di tengah persaingan, maka RSUD Sungailiat Kabupaten Bangka harus dapat memberikan pelayanan yang berkualitas yang berorientasi pada tercapainya kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pasien RSUD Sungailiat Kabupaten Bangka. Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup. Kuesioner diberikan kepada 388 pasien. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan statistik metode regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien di RSUD Sungailiat Kabupaten Bangka. Kualitas pelayanan yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan pasien adalah dimensi responsiveness dengan koefisien regresi 0,880, sedangkan yang memberikan pengaruh paling kecil adalah dimensi reliability dengan koefisien regresi 0,009. Terdapat pengaruh paling dominan variabel responsiveness terhadap kepuasan pasien,yangditunjukkan dari sikap petugas yang tanggap dalam memberikan pelayanan, cepat menangani keluhan pasien dengan penyampaian informasi yang jelas serta bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan sehingga pasien merasa apa yang dirasakan sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41056.pdf
Uncontrolled Keywords: tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy and patient's satisfaction, kepuasan pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:00
Last Modified: 12 Aug 2016 03:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item