Mulatsih, Sri (2013) Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Persepsi Siswa terhadap Disposisi Matematis. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41397.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penalaran merupakan komponen penting yang perlu dikembangkan di setiap kegiatan pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis akan membantu siswa berpikir sistematis, mampu menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menerapkan matematika pada disiplin ilmu lain. Selain mengembangkan kemampuan kognitif, pembelajaran matematika juga harus mengembangkan sikap afektif yaitu disposisi matematis. Namun demikian, pembelajaran matematika di sekolah belum banyak memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah open-ended dan yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta perbedaan persepsi siswa terhadap disposisi matematis yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah open-ended dan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan persepsi siswa terhadap disposisi matematis ditinjau dari kualifikasi kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Liwa Lampung Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Instrumen tes untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis, sedangkan angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap disposisi matematis. Instrumen penelitian diberikan setelah menyelesaikan pokok bahasan dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan kemampuan penalaran dan persepsi siswa terhadap disposisi matematis, siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah open-ended dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis juga menunjukkan ada perbedaan kemampuan penalaran dan persepsi siswa terhadap disposisi matematis, ditinjau dari kualifikasi kemampuanpuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah) antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah openended dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41397.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Open-ended Problem Based Learning, Reasoning, Disposition, Pembelajaran Berbasis Masalah Open-ended, Penalaran, Disposisi |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:14 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 06:39 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1438 |
Actions (login required)
View Item |