Lestari, Sri Wiji (2013) Penerapan Model Pembelajaran M-Apos dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Kalkulus II. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41573.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan studi eksperimental bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar Kalkulus II melalui penerapan model pembelajaran M-APOS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya di Jakarta, dengan sampel terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen, kelas yang belajar Kalkulus II dengan model pembelajaran M-APOS dan kelas control, kelas yang belajar Kalkulus II dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan pemahaman konsep matematika dalam bentuk tes dan motivasi belajar dalam bentuk kuesioner. Data berupa hasil pretes dan postes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan dalam kemampuan pemahaman konsep melalui model pembelajaran M-APOS dengan pembelajaran konvensional. (2) Tidak ada perbedaan dalam motivasi belajar melalui model pembelajaran M-APOS dengan pembelajaran konvensional. (3) Tidak ada interaksi antara pengetahuan sebelumnya dengan model pembelajaran. (4) Ada korelasi antara kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41573.pdf |
Uncontrolled Keywords: | m-apos, conseptual understanding and motivation, m-apos, pemahaman dan konsep motivasi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 07:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:39 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1465 |
Actions (login required)
View Item |