Rahmah, St. (2013) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Pengajuan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Minasatene Kabupaten Pangkep. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41399.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika efektif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah yang ditinjau dari : (1) hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan dilakukan untuk menjawab hipotesis utama yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah. Prosedur penelitian ini melalui dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan, dibuat perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan instrumen penelitian. Hal-hal yang disusun pada tahap ini divalidasi. Pada tahap pelaksanaan perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah diberikan kepada siswa kelas XITKJ sebagai objek penelitian. Pada tahap proses pembelajaran, diamati pengajuan soal siswa terhadap situasi yang diberikan pada LKS dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pada tahap akhir diberikan tes hasil belajar dan lembar respon siswa. Dari hasil analisis ditemukan bahwa 'dari ketiga kriteria keefektifan pembelajaran yang diterapkan menunjukkan bahwa efektif, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor ratarata sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah masing-masing 51,22 dan 76,88 yaitu terjadi peningkatan hasil belajar dan memenuhi standar KKM≥ 65, dan secara keseluruhan skor rata-rata aktivitas siswa berada pada kategori efektif yaitu ≥ 70% berada pada kategori waktu ideal dengan kategori baik serta secara keseluruhan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan pengajuan masalah dengan rata-rata persentase 91,67% telah memenuhi kriteria yaitu persentase rata-rata respon siswa setiap aspek berada dalam kategori ≥ 75%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41399.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, tipe numbered heads together, pendekatan pengajuan masalah, pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 07:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:27 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1466 |
Actions (login required)
View Item |