Pembelajaran Melalui Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tasikmalaya

Herawati, Linda (2013) Pembelajaran Melalui Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41513.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan 10 menganalisis peningkatan pemahaman matematika dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar melalui REACT strategi dan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional dilihat dari tinggi, sedang, dan rendahnya tingkat kemampuan. Metode penelitian ini adalah eksperimen kuasi dan digunakan desain kelompok kontrol pretest-postes acak non. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X salah satu sekolah kejuruan di Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes kemampuan siswa dalam memahami matematika dan berpikir kritis. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi REACT meningkatkan secara signifikan daripada siswa yang belajar matematika menggunakan konvensional dan siswa yang mengikuti proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi REACT menunjukkan bahwa mereka memiliki perbaikan yang berbeda tidak hanya pemahaman tetapi juga pemikiran matematika dibandingkan dengan siswa yang mengikuti proses belajar mengajar konvensional dilihat dari kemampuan tingkat dalam hal tinggi, sedang dan rendah. Ini berarti bahwa REACT strategi dapat meningkatkan pemahaman matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41513.pdf
Uncontrolled Keywords: React strategy,mathematical understanding and critical thinking ability, strategi REAKSI, pemahaman matematika dan kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:11
Last Modified: 15 Aug 2016 09:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item