Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dengan Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Irpan, Lalu Muhamad (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dengan Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Masters thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
41714.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar matematika dan motivasi siswa dalam belajar matematika umumnya masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang salah satunya adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan matematika masih dirasakan kurang tepat. Kecenderungan guru menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dengan metode utamanya metode ceramah menghasilkan proses balajar mengajar yang cenderung monoton, kurang menarik dan membosankan sehingga berdampak negatif terhadap siswa. Pendekatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pembelajaran matematika salah satunya adalah pendekatan pembelajaran konstruktivis dengan melibatkan tutor sebaya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivis dengan tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Selong tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonrandomized pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini terdiri dari 22 orang siswa kelas eksperimen dan 22 orang kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data tentang motivasi berprestasi dikumpulkan metode kuisioner dan data tentang hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes. Pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivis dengan tutor sebaya terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika siswa dilihat dari nilai rerata gain. Uji perbedaan rata-rata gain ini diuji dengan uji t menggunakan SPPS 16 for windows. Rata-rata gain motivasi berprestasi kelas eksperimen 0,395 dan kelas kontrol 0,289. Hasil perhitunganmenunjukkan terdapat perbedaan rerata gain motivasi berprestasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (p=O,Ol). Rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen 0, 705 dan kelas kontrol 0,522. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan rerata gain hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (p=0,005). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pendekatan pembelajaran konstruktivis dengan tutor sebaya memberikan hasil lebih baik dari pendekatan pembelajaran konvensional dalam meningkatan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Selong tahun 2013. Disarankan bagi guru matematika, dalam usaha meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran kontruktivis dengan tutor sebaya untuk materi tertentu dan disarankan mengadakan penelitian lain yang sejenis dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41714
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran konstrutivis dengan tutor sebaya,motivasi berprestasi, hasil belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:42
Last Modified: 14 Oct 2018 05:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item