Ama, Lukas Tamo (2013) Peran Komite Sekolah Dalam Optimalisasi Pelayanan Pendidikan Dasar Di Kecamatan Wewewa Selatan kabupaten Sumba Barat Daya. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41515.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Paradigma baru manajemen dewasa ini adalah kaloborasi sekolah, masyarakat, dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan, Maka penyelenggaraan pendidikan membutuhkan sumberdaya ekternal dan internal. Untuk mengetahui peran komite, maka penulis melakukan penelitian dengan judul Peran Komite Sekolah Dalam Optimalisasi Pelayanan Pendidkan Dasar Di Kecamatan Wewewa Selatan Kabupaten Sumba Barat Daya Komite sekolah diartikan sebagai suatu badan non profit, dibentuk berdasarkan musyawarah di tingkat satuan pendidikan. Kehadiran Komite sekolah berperan sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yaitu mendeskripsikan peristiwa, perilaku atau keadaan pada tempot tertentu secara mendalam dalam bentuk narasi. Populasi ada 48 orang dan sampelnya 24 orang dengan teknik analisis adalah rentang kriteria. Respondennya 28 orang terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan tingkat pendidikan ada 22 orang sarjana dan 6 SMA Komite berperan sebagai pemberi pertimbangan, pendukung bagi penyelenggaraan pendidikan, sebagai pengontrol terhadap keberhasilan pendidikan dan memediasipemerintah, sekolah dan masyarakat dalam program pelayanan Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Peran komite dalam memberi pertimbangan dari aspek kebijakan mencapai skor nilai 77, fcategorinya cukup baik, dalam memberi pertimbangan dari aspet program pendidikan sekolah mencapai skor nilai 96 kategorinya baik, dalam memberi pertimbangan dari aspek rencana anggaran dan belanja sekolah mencapai skor nilai 107 kategorinya baik. Peran komite dalam member pertimbangan mencapai skor nilai 90 dengan kategori baik, sedang/can dulamgan dari aspet menggalang dana mencapai skor nilai 70, kategorinya kurang bai/c. Demikian juga member dukungan mencapai skor nilai 114, karegorinya baik. Peran komite dalam memberi control dari aspek evaluasi kegiatan mencapai skor nilai 79, kategorinya baik, dari aspet melakukan pengawasan mencapai 100 dan kategorinya baik. Peran komite dalam memediasi kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah mencapai skor nilai 102 dan Iwtegori bait dari aspek menampung aspirasi mencapai skor nilai 111 dengan kategori baik Ke depan disarankan agar komite sekolah meningkatkan perannya dalam member pertimbangan, dukungan, mengontrol dan memediasi terhadap program peningkatan mutu pelayanan pendidi/can di satuan pendidikan dasar di Kecamatan Wewewa Selatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41515.pdf |
Uncontrolled Keywords: | giving consideration, supporting education activity, to control, and mediator, peran komite sekolah, pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan penghubung |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 09:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 03:43 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |