Gabriel, Bala Warat (2010) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus Pada Universitas Katolik Widya Mandira Kampus Lewoleba. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40402.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Globalisasi membawa dampak yang besar pada seluruh bidang pembangunan termasuk bidang pendidikan. Kondisi ini menuntut para pengelola lembaga pendidikan semakin profesionalisme untuk menciptakan keunggulan kompetitif agar dapat bersaing dalam iklim dan cara yang wajar sehingga tidak merugikan lembaga pendidikan yang bersangkutan, pemerintah dan masyarakat. Universitas Katolik Widya Mandira sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Lembata Propinsi Nusa Tenggara Timur diharapkan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan harapan mahasiswanya. Dengan memberikan pelayanan yang berkualitas maka diharapkan tercipta kepuasan bagi para mahasiswa. Apabila mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan maka akan tercipta loyalitas mahasiswa. Namun dalam upaya menciptakan kepuasan mahasiswa masih terdapat beberapa permasalahan yang seringkaIi menimbulkan ketidakpuasan para mahasiswa antara lain; aspek pelayanan administrasi akademik, serta terbatasnya sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Responden penelitian ini adalah para mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kampus Lewoleba. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling di mana tiap anggota sampel tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel, sedangkan metode penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling di mana penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu yakni responden adalah mahasiswa aktif pada Universitas Katolik Widya Mandira Kampus Lewoleba. Penentuan responden berdasarkan convenience sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan saja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data angket tertutup dengan menggunakan suatu pertanyaan dengan semantic differensial scale 1 - 10. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, dengan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji validitas. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 7,664 dan t tabel sebesar 1,667 pada taraf signifikansi 5%, dengan derajat kebebasan (df) = 68. Oleh karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak, dengan demikian maka H1 diterima. Artinya ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Kesimpulan penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya semakin tinggi derajat kualitas pelayanan maka semakin tinggi derajat kepuasan pelanggan. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40402.pdf |
Uncontrolled Keywords: | globalization brings great impact to all aspects of development, include education this condition demands the organizers of education institution to become professional to create competitive competence in order to compete in the proper way and situation, so they will not harm the institution, government, and societies |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 07:41 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 08:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
View Item |