Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pelanggan dalam Pembelian Mie Instan Merk Alhami di Wilayah Medan Johor

Arasy, M. Mudjahid (2010) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pelanggan dalam Pembelian Mie Instan Merk Alhami di Wilayah Medan Johor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40418.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pelanggan terhadap produk mi instan Alhami. Sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh faktor harga, iklan, rasa dan tempat terhadap permintaan pelanggan dalam pembelian mi instan merek Alhami. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu harga, iklan, rasa dan tempat berpengaruh terhadap permintaan produk mi instan Alhami. Metode penelitian yang digunakan secara kuantitatif dengan pengukuran variabel menggunakan skala Likert. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Responden yang diteliti sebagai sampel sebanyak 96 orang, sedangkan data sekunder diambil dari pabrik alhami dan dari situs www.olagafood. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu yaitu responden yang pernah membeli Alhami minimal 3 kali. Metoda analisis data yang digunakan yaitu metoda analisis Deskriptif dan analisis Statistik yang meliputi Descriptive Statistik, Analisis Korelasi dan Regresi Berganda dengan bantuan software SPSS versi 15 dan minitab 15. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor harga, iklan, rasa dan tempat/lokasi pemasaran secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian Alhami. Regresi berganda diperoleh elastisitas permintaan terhadap perubahan harga sebesar 1.43%, artinya jika harga turun sebesar 1% maka permintaan pelanggan naik sebesar 1.43%. Sebaliknya, jika harga naik sebesar 1% maka permintaan turun sebesar 1.43% sehingga permintaan dikatakan elastis karena lebih dari 1. Namun model regresi berganda ini tidak dapat digunakan untuk prediksi karena nilai R² rendah yaitu hanya 32%

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40418.pdf
Uncontrolled Keywords: harga, iklan, rasa, tempat dan permintaan pelanggan
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.5 General Production Economics, Firm (Ekonomi Produksi Umum, Firma)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior (Perilaku Konsumen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:14
Last Modified: 14 Feb 2019 09:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item