Pengaruh Faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan terhadap Kemampuan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka

Mina, (2011) Pengaruh Faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan terhadap Kemampuan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40547.pdf

Download (82MB) | Preview

Abstract

Pengembangan pegawai sangat diperlukan dalam sebuah instansi, karena dengan adanya program tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan pegawai. Pengembangan pegawai juga dirancang untuk memperoleh pegawai-pegawai yang mampu berprestasi dan fleksibel untuk suatu instansi dalam geraknya ke masa depan. Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan juga merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian pegawai. Oleh karena itu setiap organisasi atau instansi yang ingin berkembang, Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan bagi pegawainya harus memperoleh perhatian yang lebih besar sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawainya tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apa saja dalam Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang mempengaruhi kemampuan PNS di Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka? Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang berpengaruh terhadap kemampuan PNS di Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari metode pengumpulan langsung yaitu berupa angket dan observasi dan metode pengumpulan tidak langsung berupa studi dokumen dan studi pustaka. Metode analisis data digunakan tahapan pengujian normalitas data, regresi ganda, koefisien korelasi sederhana, uji signifikansi dan uji signifiknasi secara simultan. Menurut tingkat eksplanasinya, penelitian ini masuk dalam kategori penelitian deskriptif korelasional. Penelitian deskriptif dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang ada serta menganalisis data yang diperoleh di lapangan, kemudian menguji hipotesis yang diajukan. Sedangkan tipe penelitian adalah evaluatif, atau disebut juga evaluasi sumatif karena evaluasi terhadap Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat m dan Kepemimpinan Tingkat IV yang dilakukan setelah pelaksanaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara variabel factor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (X) terhadap kemampuan Pegawai Negeri Sipil (Y) sebesar 0,620. Dengan koefisien determinasi (R2) bernilai 0,384. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan pegawai negeri sipil dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan dapat meningkatkan kemampuan pegawai negeri sipil yang kemudian dapat meningkatkan kinerja kelompok dan selanjutnya meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40547.pdf
Uncontrolled Keywords: pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, kemampuan pegawai negeri sipil, the leadership education and training, ability of public servant
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:24
Last Modified: 14 Feb 2019 06:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item