Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Cooperative Learning "Thipas" Dikemas dalam CD Interaktif pada Materi Pecahan Kelas IV

Masduki, Lusi Rachmiazasi (2009) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Cooperative Learning "Thipas" Dikemas dalam CD Interaktif pada Materi Pecahan Kelas IV. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40855.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan pengembangan daya pikir manusia. Kemampuan berpikir, bekerja sama, dan berbagi dengan kelompok pasangannya, dalam menyelesaikan tugas terstruktur sebagai jurnal dan portofolio, merupakan tujuan utama khususnya guna memacu keaktifan dan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran matematika, oleh karena itu kemampuan tersebut sedini mungkin hendaknya diberikan bimbingan, dilatihkan, dan dibiasakan kepada siswa. Pembelajaran konvensional yang menerapkan metode Ekspositori, sampai sekarang masih dominan dilaksanakan di Indonesia ternyata tidak berhasil membuat siswa memahami dengan baik apa yang mereka pelajari. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa dalam menumbuhkembangkan keaktifan dan keterampilan proses berpikir, bekerja sama dan berbagi dengan kelompok pasangannya adalah model pembelajaran Cooperative Learning "Thipas" yang dikemas dalam CD interaktif. Rumusan masalah penelitian ini (1) seberapa besar pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan dengan penerapan model cooperative learning Thipas yang dikemas dalam CD interaktif? (2) seberapa besar pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model cooperative learning Thipas yang dikemas dalam CD interaktif? (3) seberapa besar pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model cooperative learning Thipas yang dikemas dalam CD interaktif? (4) seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dibanding kelas kontrol? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan model cooperative learning Thipas yang dikemas dalam CD interaktif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi siswa kelas IV SDN Petompon 5, 6, 7 Semarang tahun pelajaran 2008/2009, dan sebagai sampel diambil dua kelas secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen (diberi pembelajaran dengan model cooperative learning Thipas yang dikemas dalam CD interaktif), dan satu kelas lainnya sebagai kelompok kontrol (diberi pembelajaran dengan model ekspositori). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur aktivitas dan keterampilan proses berupa lembar pengamatan, sedangkan untuk mengukur prestasi belajar berupa tes prestasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian dengan menggunakan analisis regresi, analisis independent sample T tes, analisis compare means one way anova dengan uji lanjut metode scheffe, dan analisis compare means one sample t test. Hasil penelitian menunjukan: (1) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen secara individual telah memenuhi KKM yakni 65%, dan pencapaian rata-rata klasikal sebesar 68,97%; (2) aktivitas siswa pada kelas eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, sebesar 13,8%; (3) keterampilan proses siswa pada kelas eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, sebesar 27,5%; dan (4) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai rata-rata nilai hasil belajar sebesar 68,97 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yang hanya sebesar 66,75. Dengan demikian kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Simpulannya bahwa pembelajaran matematika dengan model cooperative learning Thipas yang dikemas dalam CD interaktif adalah efektif pada pembelajaran materi pecahan di kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40855.pdf
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Cooperative Learning "Thipas", CD Interaktif, Pecahan, Efectiveness, Cooperative learning "Thipas", interactive Cd, fraction
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:14
Last Modified: 12 Feb 2019 08:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item