Badjuri, (2011) Keefektifan Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan berbantuan Jarimatika Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT di Kelas III SD Gugus Hasanudin Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
|
Text
40643.pdf Download (28MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar matematika siswa masih rendah, karena guru masih menggunakan metode konvensional. Guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan dan minat belajar siswa. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran harus memahami berbagai jenis pendekatan, media dan sumber belajar dan terampil rlal memilih pendekatan pembelajaran terutama pendekatan atau media pembelajaran yang masih baru. Dalam penelitian ini dipilih pembelajaran matematika berbantuan jarimatika dengan pendekatan Cooperative Learning tipe Team Game Tournament. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis 1) pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa; 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap pencapaian hasil belajar; 3) pengaruh minat belajar terhadap pencapaian hasil belajar; 4) pengaruh keaktifan dan minat belajar terhadap hasil belajar; dan 5) perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika berbantuan jarimatika dengan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Metode peneliti yang digunakan adalah eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan nik cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan pada 3 kelas ; yaitu kelas uji coba, kelas eksperimen dan kelasa kontrol jumlah siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran, keaktifan siswa serta minat belajar siswa, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Analisis yang digunakan anilisis regresi sederhana, regresi ganda, dan uji beda dua variable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar, keaktifan, minat belajar pada kelas eksperimen dapat mencapai tuntas belajar, 2) keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut mempengaruhi hasil belajar sebesar 88,0%, 3) minat belajar siswa mempemgaruhi hasil belajar sebesar 77,3%, 4) keaktifan dan minat belajar secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar sebesar 90,4%, dan 5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40643.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika, operasi hitung, bilangan berbantuan, jarimatika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2018 04:01 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2246 |
Actions (login required)
View Item |