Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe NHT terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Siswa

Rahmanto, Sujari (2015) Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe NHT terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41941.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi siswa. Desain penelitian dalam penelitian ini quasi experiment atau eksperimen semu yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Banjar Agung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan angket motivasi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: ( 1 )Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2)Peningkatan motivasi siswa yang pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41941.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematical critical thinking ability, students' motivation,NHT type cooperative learning, Kemampuan berpikir kritis matematis, motivasi siswa,pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373 Secondary Education (Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam) > 507 Education, Research (Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 May 2016 02:37
Last Modified: 26 May 2016 02:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item