Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar

Yuwono, Iratna (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41939.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, menuntut untuk menyiapkan kualitas individu dengan menggali pengetahuan dan potensi diri sendiri. Kenyataan yang ada bahwa siswa lebih banyak menunggu penjelasan dari guru karena kurangnya motivasi dan minat untuk belajar, maka perlu dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang melatih siswa untuk lebih banyak belajar mandiri. Sebuah pendekatan pembelajaran yang lebih meningkatkan peran aktif siswa adalah pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran ini berpusat pada siswa dan mengurangi peran guru sebagai presenter atau satu satunya sumber belajar yang handal, guru lebih memposisikan diri sebagai fasilitator. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari 6 langkah yaitu menyarnpaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa kedalarn kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar, evaluasi, dan memberikan penghargaan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD dalarn bilangan berpangkat dan bentuk akar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dikategorikan dalarn penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB). Teori pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Penelitian ini diawali dengan tahap investigasi awal (Preliminary Investigation) yang terdiri analisis awal akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, analisis perumusan tujuan pembelajaran. Berikutnya tahap desain (design) yang terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, rancangan awal diperoleh prototipe I. Selanjutnya tahap realisasi atau konstruksi ( realization/Construction) yang terdiri dari validasi perangkat pembelajaran oleh para ahli, diperoleh prototipe II yang siap untuk diujicobakan. Terakhir tahap implementasi, tetapi tahapan ini tidak dilaksanakan, karena tujuan dari penelitian ini hanya menghasilkan perangkat pembelajaran. Hasil validasi RPP, LKS, dan THB adalah sangat valid yaitu masuk interval 4,00 < Vd < 5,00, dan Validasi lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa berada dalarn interval 3,25< Vd< 4,00, dengan kriteria sangat valid. Kemudian RPP dan LKS diujicobakan, hasil observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa untuk menguji keterlaksanaan perangkat dengan hasil 88,1% dan 87,7% masuk dalarn interval 80%< SP< 100%, dengan kriteria sangat baik. Tes hasil belajar (THB) dengan reliabilitas 0,89 termasuk dalam kriteria sangat tinggi, validitas seluruh butir soal memiliki skor validitas di atas 0,25 sehingga diinterpretasikan valid. Dan ketuntasan hasil belajar mencapai 90,32% dimana sudah memenuhi syarat ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan analisis data hasil ujicoba, maka diambil kesimpulan bahwa hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran kooperatif Tipe STAD dalam bilangan berpangkat dan bentuk akar sudah memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat ini disarankan kepada guru matematika untuk mengujicobakan disekolah-sekolah lain, dan untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa untuk menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41939.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning devices development, Cooperative Learning Type STAD, Pengembangan Perangkat, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 May 2016 03:54
Last Modified: 26 May 2016 03:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item