Prabowo, Agung and Sidi, Pramono (2010) Potensi PMRI Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2010.
|
Text
fmipa201040.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Terdapat kesadaran yang kuat, terutama di kalangan pengambil kebijakan, untuk memperbaharui pendidikan matematika. Tujuannya adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa. Secara khusus akan diuraikan mengapa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat menjadi suatu inovasi yang tepat dalam memperbaharui pendidikan matematika. Peninjauan terhadap berbagai unsur yang membedakan PMRI dengan model pembelajaran yang sudah pernah digunakan antara lain (1) kecenderungan pembelajaran matematika, (2) top-down versus bottom-up, (3) model tiga dimensi Crockcroft, (4) jenis asesmen, dan (5) kurikulum dari segi pengolahan atau penyajian materi, menjadi harapan sehingga PMRI potensial untuk mendorong ke arah perbaikan pembelajaran matematika. Bukti-bukti empiris penerapan PMRI (dan pendekatan sejenis) yang telah dilakukan selama ini disertakan untuk lebih meyakinkan. Demikian juga keterkaitan KTSP dengan PMRI
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fmipa201040.pdf |
Uncontrolled Keywords: | inovasi, KTSP, matematika, PMRI |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2010 |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 06:20 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:33 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2432 |
Actions (login required)
View Item |