Potensi PMRI Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika

Prabowo, Agung and Sidi, Pramono (2010) Potensi PMRI Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2010.

[img]
Preview
Text
fmipa201040.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Terdapat kesadaran yang kuat, terutama di kalangan pengambil kebijakan, untuk memperbaharui pendidikan matematika. Tujuannya adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa. Secara khusus akan diuraikan mengapa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat menjadi suatu inovasi yang tepat dalam memperbaharui pendidikan matematika. Peninjauan terhadap berbagai unsur yang membedakan PMRI dengan model pembelajaran yang sudah pernah digunakan antara lain (1) kecenderungan pembelajaran matematika, (2) top-down versus bottom-up, (3) model tiga dimensi Crockcroft, (4) jenis asesmen, dan (5) kurikulum dari segi pengolahan atau penyajian materi, menjadi harapan sehingga PMRI potensial untuk mendorong ke arah perbaikan pembelajaran matematika. Bukti-bukti empiris penerapan PMRI (dan pendekatan sejenis) yang telah dilakukan selama ini disertakan untuk lebih meyakinkan. Demikian juga keterkaitan KTSP dengan PMRI

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fmipa201040.pdf
Uncontrolled Keywords: inovasi, KTSP, matematika, PMRI
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2010
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:20
Last Modified: 31 Oct 2016 03:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item