Basriah, Endang (2014) Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41838.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar menempati posisi yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia. Program PAUD di Kabupaten Kotawaringin Timur tertuang di Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan tahun 2011-2015, dengan tujuan yang ingin dicapai diantaranya penguatan dan perluasan pendidikan nonformal dan informal. Penelitian ini berjudul Analisis Irnplementasi Kebijakan PAUD di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Mentawa Barn Ketapang. Tujuan penelitian ini menganalisis implementasi kebijakan PAUD di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Mentawa Barn Ketapang dengan menggunakan pendekatan model Kebijakan Van Meter Carl E Van Horn dan Edward III. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Instrumen dalarn penelitian ini dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan permanfaatan dokumen. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor komunikasi sudah berjalan baik. Surnber daya terdiri dari unsur staf, informasi kebijakan, wewenang yang diberikan sudah berjalan baik sesuai ketentuan yang ada. Sedangkan fasilitas sarana dan prasana masih beberapa tempat yang belum rnernenuhi syarat minimal pendirian. Disposisi implementor mendukung terhadap kebijakan yang ada,sehingga mereka dapat menjalankan kebijakan dengan baik seperti yang diinginkan oleh pembuat kebijakan. Sturuktur birokrasi sudah berjalan baik, struktur organisasi yang sederhana menyebabkan aktivitas implementasi menjadi fleksibel. Lingkungan sosial ekonomi dan politik yang mendukung, sehingga program kebijakan PAUD nonformal dapat berjalan dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu variabel implementasi kebijakan program PAUD di UPT Kecamatan Mentawa Barn Ketapang pada umumnya sudah betjalan baik. Beberapa yang masih perlu ditingkatkan yaitu yang berkaitan dengan standar pendidikan guru dan kemitraan dengan lintas sektor lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41838.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Implementation, Policy, childhood,Implementasi, Kebijakan, PAUD |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Jun 2016 09:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 09:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/246 |
Actions (login required)
View Item |