Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Pelatihan Kepewaraan dengan Menggunakan Strategi Pemodelan (Modelling) Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pinrang

Ali A., Muhammad (2013) Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Pelatihan Kepewaraan dengan Menggunakan Strategi Pemodelan (Modelling) Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pinrang. Masters thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
41025.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran kemampuan berbicara melalui pelatihan kepewaraan dengan menggunakan strategi pemodelan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang. 2) Penilaian hasil pembelajaran kemampuan berbicara melalui pelatihan kepewaraan dengan menggunakan strategi pemodelan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang. Penerapan strategi pemodelan dalam proses pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang. Terlihat dan aktivitas guru dan siswa terjadi peningkatan, yaitu total persentase pada siklus I terhadap diskriptor yang diamati adalah sebanyak 18,59% yang berada pada kategori sangat baik, sebanyak 37,66%. yang berada pada kategori baik, sebanyak 33,49% yang berada pada kategori cukup baik, sebanyak 7,69% yang berada pada kategori kurang dan masih terdapat 2,56% yang berada pada kategori sangat kurang dan pada siklus II 35 aspek (83,01%) berada pada kategori sangat baik dan 7 aspek (16,99%) berada pada kategori baik, sedangkan kategori cukup, kurang, dan sangat kurang tidak ada (0,00%). Sedangkan Aktivitas siswa juga terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu, sebanyak 55,21 % berada pada kategori aktif dan 45,08% berada pada kategori tidak aktif, dan pada siklus II Sebanyak 71,11 % barada pada kategori aktif, sebanyak 26,89% berada pada kategori tidak aktif. Terbukti secara signifikan bahwa strategi pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang yaitu, pada siklus I sebanyak 2 siswa (6,25%) yang berada pada kategori sangat baik. Sebanyak 9 siswa (28,13%) memperoleh nilai baik. Sebanyak 14 siswa (43,75%) berada pada kategori cukup. Sebanyak 7 siswa (21,88%) berada pada karegori kurang dan tidak ada siswa (0,00%) berada pada kategori sangat kurang, dan sebanyak 8 siswa (25,00%) yang berada pada kategori sangat baik. Sebanyak 18 siswa (56,25%) berada pada kategori baik. Sebanyak 6 siswa (18,735) berada pada kategori cukup. Tidak ada siswa (0,00%) berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Dan dinyatakan tuntas. Hal ini terlihat sebanyak 28 siswa (87,50%) berada pada kategori tuntas dan sebanyak 4 siswa (12,50%) berada pada kategori tidak tuntas. Oleh karena ketuntasan klasikal telah tuntas, yaitu 87,50% ≥ 85,00%, maka pembelajaran kemampuan berbicara melalui pelatihan kepewaraan dengan menggunakan strategi pemodelan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang dinyatakan berhasil dan menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41025.pdf
Uncontrolled Keywords: pengajaran bahasa, pengajaran berbicara, strategi pengajaran, kepewaraan
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
800 Literature > 800-809 Literature Theory and Rhetoric (Teori Kesusastraan dan Retorika) > 808 Rhetoricand Collections of Literary (Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:20
Last Modified: 08 Jun 2017 01:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item