Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) di SMPN 1 Tanjungraja Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011

Diana, Merita (2011) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) di SMPN 1 Tanjungraja Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2011.

[img]
Preview
Text
fmipa201140.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siklus. Penelitian di lakukan di SMP N 1 Tanjungraja, desa Tanjungraja kecamatan Tanjungraja, kabupaten Lampung Utara di kelas VII a tahun ajaran 2010/2011. Jumlah siswa kelas VII a adalah 35 siswa. Instrumen yang digunakan mengukur minat belajar adalah kuesioner yang diberikan setelah pembelajaran diterapkan setiap siklus, sedangkan prestasi belajar dengan pemberian tes di pertemuan terakhir setiap siklus berakhir. Kriteria minat belajar adalah telah tercapainya minimal 70% dari seluruh siswa telah berminat belajar, sedangkan kriteria tercapainya prestasi belajar siswa adalah seluruh siswa mendapat nilaidi atas KKM sekolah yaitu 70. Hasil penelitian penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) pada pelajaran IPA kelas VII a dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar yang di buktikan dengan bertambahnya minat belajar dari siklus I sebesar 68 %, siklus II sebesar 82 % dan pada siklus III sebesar 98%.sedangkan prestasi belajar siswa bertambahnya tingkat ketuntasan belajar siswa setiap siklusnya selama tiga siklus yaitu siklus I sebesar 62,3%, siklus II sebesar 73,95% dan siklus III sebesar 100 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): FMIPA201140.pdf
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, prestasi belajar, CLIS (Children Learning In Science), IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FMIPA-UT 2011
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:31
Last Modified: 31 Oct 2016 02:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item