Kualitas Ciptaan Puisi Siswa Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Kelas VII di SMPN 5 Mataram Pada Semester Genap Tahun ajaran 2012/2013

Gani, Ramlah H. A. (2014) Kualitas Ciptaan Puisi Siswa Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Kelas VII di SMPN 5 Mataram Pada Semester Genap Tahun ajaran 2012/2013. Masters thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
41213.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan kata sebagai media pengungkapannya. Kata-kata yang digunakan dalam puisi berbeda dengan karya sastra, seperti prosa. Kata dalam puisi lebih berorientasi pada makna konotatif sehingga menimbulkan berbagai tafsiran pada pembaca. Katakata tersebut dapat mencerminkan kualitas hasil karya pengarang maupun penyair. Puisi berkualitas dapat diciptakan oleh siswa melalui bimbingan guru bahasa Indonesia secara intensif. Penelitian ini diharapkan dapat, (1) menumbuhkan kecintaan siswa dalam pembelajaran sastra khususnya puisi, (2) melatih kepekaan emosional siswa dalam menciptakan puisi, (3) memnfaatkan puisi hasil karya siswa sebagai bahan pembelajaran, (4) memotivasi siswa dalam menciptakan puisi berdasarkan tingkat kemampuannya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara terhadap puisi karya siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori struktural dan teori semiotik. Puisi-puisi yang ciptakan oleh siswa dapat dikatakan sebagai puisi yang berkualitas karena di dalamnya memuat struktur luar, (1) majas simile, personifikasi, hiperbol, (2) pilihan kata dan kata kongkret, (3) citraan pendengaran dan penglihatan (4) bunyi eufony dan cocophony, (5) larik, (6) bait, (7) tipografi, Serta beragam tema yang muncul pada puisi karya siswa kelas VII. Berdasarkan struktur yang muncul pada puisi karya siswa memiliki kelayakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII jenjang pendidikan SMP maupun pendidikan sederajat lainnya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41213.pdf
Uncontrolled Keywords: quality, poetry, teaching, kualitas, puisi, pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
800 Literature > 810-819 Indonesian Literatures (Kesusastraan Indonesia) > 811 Indonesian Poetry (Puisi Indonesia, Sajak Indonesia, Syair Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:42
Last Modified: 03 Oct 2018 09:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item