Bawani, Endang Tri (2010) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Pendekatan Savi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kepoh Baru Tahun Pelajaran 2008/2009. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan.
|
Text
fkip201049.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (108kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 2 Kepohbaru lemah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan selama ini lebih menitikberatkan aspek kognitif atau aspek intelektualitas. Pendekatan SAVI merupakan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Pendekatan SAVI menerapkan cara belajar berdasar aktivitas dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh dan pikiran terlibat dalam proses dan kegiatan pembelajaran. Komponen pendekatan SAVI meliputi Somatis (belajar dengan bergerak dan berbuat), Auditori (belajar dengan berbicara dan mendengarkan), Visual (belajar dengan mengamati dan menggambarkan), dan Intelektual (belajar dengan merenung dan memecahkan masalah), Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita dengan pendekatan SAVI siswa kelas VIIIA SMPN 2 Kepohbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar Observasi dan lembar tes (LKS dan LPS) Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks berita. Siklus 1 dengan rata-rata nilai 67,66, siklus 2 dengan rata-rata nilai 74,36, siklus 3 dengan rata-rata nilai 78,2. Penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan guru lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fkip201049.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Teks Berita, Pendekatan Savi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru II |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 09:39 |
Last Modified: | 30 Oct 2016 22:52 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2614 |
Actions (login required)
View Item |