Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Girang, Giraniyus (2015) Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41852.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Objek penelitian adalah guru Sekolah Dasar di Kecamatan Singkawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan bersifat asosiatif untuk menjawab hipotesis, yaitu: 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, 2) motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru, 3) lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru, dan 4) gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru. Data penelitian diambil dari kuesioner yang disebarkan kepada responden. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi yang dihitung secara proporsional sebanyak 100 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan: 1) variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, karena nilai t hitung > t tabel (2,248 > 1,661) dan signifikansi < 0,05 (0,027 < 0,05), 2) variabel motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, karena nilai t hitung < t tabel (0, 752 < 1,661) dan nilai signifikansi > 0,05 (0,454 > 0,05), 3) variabel lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, karena nilai -t hitung < -t tabel (-0,779 < -1,661) dan nilai signifikansi > 0,05 (0,438 > 0,05), dan 4) gaya kepernimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, karena nilai F hitung > F tabel (2,258 > 2,699) dan nilai signifikansi > 0,05 (0,438 > 0,05). Hasil uji deterrninasi R Square (R2) sebesar 0,066, berarti 6,6% kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja., dan lingkungan kerja., sedangkan sisanya sebesar 93,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Nilai Ajusted R Square sebesar 0,037. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa variabel gaya kepernimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, variabel motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan variabellingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan hasil uji secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41852.pdf
Uncontrolled Keywords: Leadership, work motivation, work environment, performance, kepemimpinan, motivasi kerja, lingkungan kerja, kinerja.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:16
Last Modified: 04 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item