Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di SMP Negeri 9 Singkawang

Pranoto, Mariana (2014) Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di SMP Negeri 9 Singkawang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41856.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional terhadap perilaku kewargaan organisasi (OCB) di SMP Negeri 9 Singkawang Provinsi Kalimantan Barat Indonesia. OCB adalah perilaku sukarela melampaui deksripsi kerja formal, tetapi membantu berfungsinya organisasi sekolah secara efektif dan efisien. Tidak ada kepala sekolah yang dapat meraih hal-hal hebat seorang diri di era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan ancaman. Kepala sekolah transformasional harus mengetahui cara memberdayakan guru dan tenaga kependidikan untuk mencapai tujuan, misi dan visi sekolah. Ia meninggikan nilai-nilai guru dan tenaga kependidikan, menginspirasi harapan-harapan ideal mereka, mendorongusaha-usaha sukarela mereka, dan mengembangkan potensi individual mereka. Komitmen organisasional membuat mereka bersedia mempertahankan keanggotaan di sekolah dan terlibat secara lebih aktif dalam prestasi-prestasi sekolah. Riset survei didesain untuk menguji 3 hipotesis utama: (1) kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, (2) komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, dan (3) kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Survei dilakukan kepada seluruh populasi yang terdiri dari 27 orang guru dan 6 orang tenaga kependidikan di SMP negeri 9 Singkawang. Kuesioner dengan 51 item pernyataan dengan Skala Likert 5 poin dan wawancara digunakan. Data yang diperoleh dari beberapa wawancara dan kuesioner juga dianalisis untuk mendeskripsikan kecenderungan dalam data tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, (2) komitmen organisasional berpengaruh positif, tetapinon signifikan terhadap OCB, dan (3)kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan OCB. Signifikansi kepemimpinan transformasional 0,024 < 0,05 and komitmen organisasional 0,071 > 0,05. Koefisien regresi kepemimpinan transformasional 0,34 7 dan komitmen organisasional 0, 178. Persamaan regresi adalah OCB = 1,871 + 0,347 kepemimpinan transformasional + 0, 178komitmen organisasional. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,391. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa 39,1% OCB di SMP Negeri 9 Singkawang dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasional guru dan tenaga kependidikan. Sisanya sebesar 60,9% dipengaruhi oleh variabel-variabellain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41856.pdf
Uncontrolled Keywords: Transformational Leadership, Organizational commitment,Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kepemimpinan Tranformasional, Komitmen Organisasional, Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Sep 2016 02:45
Last Modified: 06 Sep 2016 02:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2644

Actions (login required)

View Item View Item