Analisis Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Kulisusu Kabupaten Buton Utara

Sudarso, (2014) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41813.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Penelitian ini merupakan studi eksplorasi dengan tipe deskriptif, yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap informan dari unsur pemerintah (pemberi layanan), dan unsur masyarakat (pengguna layanan). Observasi dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap kondisi atau situasi, proses dan perilaku. Studi dokumen dilakukan untuk menelaah dokumen-dokumen yang relevan dengan apa yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kulisusu Kabupaten Buton Utara belum sesuai harapan. Hal ini terlihat dari beberapa dimensi yaitu kehandalan (reliability) petugas paramedis yang masih kurang baik dalam membantu dokter dan pelayanan yang diberikan masih lambat. Daya ta.1ggap (responsiveness) beberapa petugas paramedis dalam memberikan informasi sesuai yang dibutuhkan pasien masih kurang jelas, pelayanan obat di apotik terbatas jam pelayanannya, hanya sampai pada pukul 12 siang, kehadiran dokter dan paramedis dalam memeriksa pasien di waktu sore dan malam hari sering terlambat. Jaminan (assurance) masih belum baik, karena para petugasnya belum sepenuhnya menerapkan motto Puskesmas Kulisusu yang salah satunya adalah selalu menampilkan sikap senyum. Dokter dan paramedis belum memberikan semangat dan harapan (emphaty) kepada pasien untuk menuju penyembohan penyakitnya. Kondisi fisik bangunan (tangible) Puskesmas Kulisusu Kabupaten Buton Utara sebagian besar sudah rusak, tempat parkimya tidak ditata baik, ketersediaan obat di apotik masih kurang, penampilan pegawai yang jaga piket sore hari sampai malam hari penampilan mereka kurang baik dan sarana dan prasarana kesehatan yang masih kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kulisusu adalah pembagian tugas pegawai belum dilaksanakan dengan baik, kurang disiplinnya beberapa dokter dan paramedis, jumlah sumber daya manusia yang masih kurang, dukungan keuangan serta sarana dan prasarana kesehatan yang masih belum memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41813.pdf
Uncontrolled Keywords: Quality of Health Care, The ability of Doctors and Paramedics, equipment and tools Health, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kemampuan Dokter dan Paramedis serta Sarana dan Prasarana Kesehatan.
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.172 Services of Physicians (Pelayanan Dokter)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Sep 2016 06:49
Last Modified: 31 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item