Asnila, Rosa (2014) Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41915.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh Pemahaman konsep siswa yang belajar dengan pembelajaran matematika realistik bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta mengetahui gambaran disposisi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran matematika realistik bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Pada penelitian ini, kelas eksperimen memperoleh pembelajaran matematika realistik dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran secara konvensional. Untuk mendapatkan data, digunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep matematis dan juga angket disposisi matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan tahun pelajaran 2013/2014, dengan subjek sampel adalah siswa kelas X dipilih dua kelas dari lima kelas secara random sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan untuk melihat perbedaan terhadap tes akhir pemahaman konsep dan perbedaan disposisi matematis antara kedua kelas sampel. Analisis hipotesis dilakukan dengan Uji-t menggunakan perangkat lunak SPSS 16 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan pcmbelajaran konvensional. Disposisi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41915.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Learning, Concept Comprehension, Mathematical Disposition, Pembelajaran Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 06:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 06:45 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
View Item |