Pengaruh Bauran Promosi terhadap Persepsi Kualitas, Persepsi Merek, dan Intensi Pembelian oleh Konsumen untuk Produk Susu Cair Kemasan Botol Merek XYZ

Oktaviani, Lira (2014) Pengaruh Bauran Promosi terhadap Persepsi Kualitas, Persepsi Merek, dan Intensi Pembelian oleh Konsumen untuk Produk Susu Cair Kemasan Botol Merek XYZ. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41964.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Industri makanan dan minuman mengalami penurunan pertumbuhan pada tahun 2013, demikian pula yang terjadi di industri susu dan produk-produk susu (dairy products}, termasuk di dalamnya susu cair kemasan botol merek XYZ. Penurunan pertumbuhan ini diantaranya disebabkan oleh adanya persaingan yang semakin ketat selain daya beli konsumen yang menurun akibat kanaikan BBM dan kebutuhan pokok lainnya. Susu cair merek XYZ yang selama 5 tahun berturut-turut mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 39.3% pada tahun 2013 turun menjadi minus 5.3%. Meskipun produk yang lain juga mengalami penurunan, tetapi penurunan susu cair merek XYZ lebih besar, sehingga perlu diteliti penyebabnya. Diduga penyebab terjadinya penurunan bisnis adalah karena menurunnya intensi (minat) pembelian konsumen terhadap susu cair merek XYZ. Penurunan intensi pembelian diduga disebabkan oleh belum kuatnya persepsi kualitas dan persepsi merek yang dipengaruhi oleh bauran promosi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pengaruh bauran promosi yang sudah dilakukan untuk susu cair merek XYZ terhadap persepsi kualitas, persepsi merek dan intensi pembelian oleh konsumen terhadap susu cair merek XYZ. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagi kuesioner kepada responden. Responden yang disurvei adalah ibu-ibu yang berbelanja di modem market di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) sebanyak 180 orang. Data yang diperoleh diolah menggunakan metade statistik SEM LISREL 8.7 (Structural Equation Model- Linear Structural Relation). Dari hasil pengolahan statistik diperoleh bahwa bauran promosi berpengaruh positif terhadap peningkatan persepsi kualitas dan persepsi merek susu cair merek XYZ di benak konsumen. Koefisien determinasi (R2) pengaruh bauran promosi terhadap persepsi kualitas adalah sebesar 76%, sedangkan koefisien determinasi (R2) pengaruh bauran promosi terhadap persepsi merek adalah sebesar 91%. Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap peningkatan intensi pembelian konsumen terhadap susu cair merek XYZ, sedangkan persepsi merek tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan intensi pembelian. Namun secara bersama-sama persepsi kualitas dan persepsi merek berpengaruh positif terhadap peningkatan intensi pembelian konsumen terhadap susu cair merek XYZ dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 69%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41964.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Bauran Promosi, persepsi kualitas, persepsi merek, intensi pembelian, Impact, Promotional Mix , Perceived Quality, Brand Perception, Purchase Intention.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.83 Market Research, Market Analysis (Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jun 2016 06:36
Last Modified: 15 Jun 2016 06:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item