Analisis Jalur Brand Image Sebagai Anteseden Loyalitas: (Studi Pada Program Pascasarjana Universitas Terbuka)

Suciati, and Hidayah, Nur (2013) Analisis Jalur Brand Image Sebagai Anteseden Loyalitas: (Studi Pada Program Pascasarjana Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (1). pp. 1-17. ISSN 0215-2673

[img]
Preview
Text
jpk-vol19no1-maret2013.pdf

Download (994kB) | Preview
Official URL: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui persepsi lulusan tentang kualitas layanan pembelajaran, brand image (citra) penyelenggara layanan, kepuasan, dan loyalitas lulusan;dan 2) menjelaskan hubungan kausalitas antara kualitas pelayanan, brand image, kepuasan lulusan, dan loyalitas lulusan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kepada alumni Program Pascasarjana Universitas Terbuka tahun 2011, melibatkan 1081ulusan, yang hadir pada upacara wisuda di Jakarta dalam dua kali kesempatan wisuda. Data kuesioner yang telah diisi dianalisis menggunakan ana/isis deskriptif berupa persentase, dan teknik ana/isis jalur (path analysis) untuk melihat pola hubungan kausal (model testing) antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembelajaran dinilai sudah baik, brand image universitas dan program meyakinkan lulusan dan dikenal luas, serta alumni merasa puas dengan pengalaman pembelajaran dan memiliki loyalitas (setia) kepada institusi. Di samping itu, secara langsung maupun tidak langsung brand image dan kepuasan, mempengaruhi loyalitas. Kualitas pelayanan secara langsung tidak berpengaruh pada loyalitas, namun melalui brand image dan kepuasan lulusan, berpengaruh terhadap loyalitas lulusan. Mengingat bahwa loyalitas lulusan penting bagi keberlangsungan (sustainability) program studi, maka institusi perlu menyusun strategi mempertahankan dan meningkatkan loyalitas mahasiswa dan lulusan melalui peningkatan kualitas pelayanan dan brand image.

Item Type: Article
Additional Information (ID): jpk-vol19no1-maret2013
Uncontrolled Keywords: brand image, student satisfaction, service quality, loyalty, and path analysis,kualitas layanan, citra universitas, kepuasan lulusan, loyalitas, dan analisis jalur
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Sep 2016 04:18
Last Modified: 31 Jul 2019 03:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item