Pengembangan Model Pembimbingan Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam melakukan Refleksi Pembelajaran (Suatu Studi pada Program S1 PGSD Universitas Terbuka)

Julaeha, Siti (2010) Pengembangan Model Pembimbingan Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam melakukan Refleksi Pembelajaran (Suatu Studi pada Program S1 PGSD Universitas Terbuka). Doctoral thesis, UNiversitas Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
41094.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Refleksi pembelajaran membantu meningkatkan kemampuan profesional guru. Untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan melakukan refleksi pembelajaran di atas kemampuan yang sudah dimiliki, bantuan ahli dan dukungan profesional diperlukan guru. Berkenaan dengan itu, penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan dan memvalidasi model pembimbingan yang dapat diterapkan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru melakukan refleksi pembelajaran.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan tahap-tahap: studi pendahuluan melalui survai dan studi pustaka, pengembangan model melalui penelitian tindakan dan evaluasi pada uji lapangan terbatas dan meluas, serta uji validasi melalui eksperimen-kuasi. Penelitian ini dilakukan pada Program S1 PGSD Universitas Terbuka dengan subjek penelitian guru-mahasiswa dan supervisor PKP di UPBJJ-UT Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, desk-evaluation, angket, wawancara, observasi, dan tugas pembuatan tulisan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan penghitungan rerata dan persentase serta analisis statistika nonparametrik Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann-Whitney U-Test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Model Pembimbingan Refleksi Pembelajaran yang didasarkan pada teori konstruktivisme sosial serta berkaitan dengan ide communities of practice dan pendekatan supervisi klinis terbukti efektif dalam meningkatkan skor tulisan refleksi guru-mahasiswa S1 PGSD-UT. Model Pembimbingan Refleksi Pembelajaran diterapkan melalui langkah orientasi, eksplorasi, interpretasi, dan re-desain dengan penekanan pada pemodelan, kegiatan berbagi, praktek terbimbing dan mandiri, serta latihan pembuatan tulisan refleksi secara berkesinambungan. Model Pembimbingan Refleksi Pembelajaran dapat dijadikan model pembimbingan alternatif dalam membantu meningkatkan kemampuan guru melakukan refleksi pembelajaran. Untuk dapat menerapkan model ini secara efektif, Program S1 PGSD hendaknya menyediakan panduan, bahan belajar program video, dan layanan belajar online, serta sosialisasi, pelatihan, dan monitoring penerapan model. Selain itu, temuan penelitian ini memunculkan beberapa pertanyaan yang memerlukan penelitian lebih lanjut

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 14/41094.pdf
Uncontrolled Keywords: Kurikulum,model pembelajaran,kemampuan guru dalam mengajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:10
Last Modified: 11 Oct 2016 09:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item