Wihardit, Kuswaya (1990) Research On Tutorial Systems Universitas Terbuka Indonesia: Stage II: Correlational Study (Instrument). Project Report. Universitas Terbuka.
|
Text
80007.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Laporan ini disusun berdasarkan data yang sudah tersedia, yaitu data studi Pembiayaan, Manfaat dan Dampak Belajar (PMDB), yang belum sempat diolah oleh Tim studi tersebut. Data yang diolah berupa Satuan Pelajaran yang dikumpulkan dari mahasiswa D2 IKIP, FKIP, dan UT serta mahasiswa PGSMTP yang mengajar dalam kelas microteaching. Disamping Satuan Pelajaran sebagai data (sumber data), juga digunakan data lain berupa hasil observasi dalam kelas microteaching. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan cara membandingkan satuan pelajaran yang dibuat mahasiswa diantara ke 4 LPTK tersebut baik IKIP, FKIP, PGSMTP dan UT, serta kaitannya dengan proses belajar mengajar (PBM). Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas yang berarti di antara satuan pelajaran yang disusun oleh mahasiswa dari ke 4 LPTK tersebut. Namun dalam proses belajar mengajar nampak mahasiswa yang sudah memperoleh pengalaman mengajar yang lebih banyak (PGSMTP dan UT) cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan mahasiswa dari IKIP dan FKIP. Kesimpulan akhir menunjukan bahwa proses belajar mengajar yang baik, banyak ditentukan oleh pengalaman mengajar, dan pengalaman mengajar bisa lebih baik apabila dipersiapkan secara matang, dan kesiapan mengajar ini dapat tercermin melalui Satuan Pelajaran.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 89/80007 |
Uncontrolled Keywords: | kesiapan mengajar, belajar mengajar, bahasa indonesia, guru SMPT |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 03:38 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:38 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2800 |
Actions (login required)
View Item |