Sunaryo, PVM and Sulomo, and Suyatmo, (1997) Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Siswa Mengulang Kelas di Sekolah Dasar Propinsi Sumatera Utara. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.
|
Text
80751.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Dalam rangka pengadaan sumber bahan penunjang penulisan lisan literatur metodologi pengajaran, studi meneliti pengaruh penerapan ceramah, tanya-jawab, diskusi, kerja kelompok, demonstrasi, dan eksperimen dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. data dikumpulkan melalui observasi 120 guru kelas IV, V, VI di kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada waktu mereka sedang mengajarkan Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Studi menunjukkan bahwa pada penerapan masing-masing metode ada pola dasar kegiatan belajar mengajar yang meliputi apersepsi, kegiatan pokok penyampaian materi sesuai karakteristik masing-masing metode, dan evaluasi, serta dengan persentase yang bervariasi seluruh variabel keaktifan siswa dan kendala metodologis muncul pada penerapan metode tanya-jawab dan sebagian besar variabel pada penerapan metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, demonstrasi, dan eksperimen.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 98/80751 |
Uncontrolled Keywords: | strategi mengajar, keaktifan siswa, belajar-mengajar. |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:01 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2871 |
Actions (login required)
View Item |