Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Siswa Mengulang Kelas di Sekolah Dasar Propinsi Sumatera Utara

Sunaryo, PVM and Sulomo, and Suyatmo, (1997) Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Siswa Mengulang Kelas di Sekolah Dasar Propinsi Sumatera Utara. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
80751.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka pengadaan sumber bahan penunjang penulisan lisan literatur metodologi pengajaran, studi meneliti pengaruh penerapan ceramah, tanya-jawab, diskusi, kerja kelompok, demonstrasi, dan eksperimen dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. data dikumpulkan melalui observasi 120 guru kelas IV, V, VI di kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada waktu mereka sedang mengajarkan Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Studi menunjukkan bahwa pada penerapan masing-masing metode ada pola dasar kegiatan belajar mengajar yang meliputi apersepsi, kegiatan pokok penyampaian materi sesuai karakteristik masing-masing metode, dan evaluasi, serta dengan persentase yang bervariasi seluruh variabel keaktifan siswa dan kendala metodologis muncul pada penerapan metode tanya-jawab dan sebagian besar variabel pada penerapan metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, demonstrasi, dan eksperimen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 98/80751
Uncontrolled Keywords: strategi mengajar, keaktifan siswa, belajar-mengajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:01
Last Modified: 17 Oct 2016 07:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item