Kontribusi Universitas Terbuka melalui Program Penyetaraan D-II dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pelajaran para Guru di Sekolah Dasar

Kamari, (2002) Kontribusi Universitas Terbuka melalui Program Penyetaraan D-II dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pelajaran para Guru di Sekolah Dasar. Project Report. Universitas Terbuka, Surakarta.

[img]
Preview
Text
81147.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian : Apakah ada kontribusi Universitas Terbuka dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran bagi para guru SD setelah mengikuti penyetaraan D-II. Tujuan Penelitian : Mengevaluasi keberhasilan Universitas Terbuka dalam upaya meningkatan pemahaman materi pelajaran guru SD melalui Program D-II PGSD. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Fakto. Populasi guru SD di Kab. Klaten. besar sampel berdasarkan rumus Slavin dan teknik pengambilan secara proposional random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis dengan Uji-t Student Antar Kelompok. Hasil analisis : secara keseluruhan terjadi peningkatan sangat signifikan (p=O,OOO) terbadap pemahaman materi pelajaran di SD. Sedangkan hila ditelaah per mata pelajaran. ada dua mata pelajaran yang tidak signifikan. Pada pelajaran IPS dan PPKn tetjadi peningkatan, tetapi tidak signifikan. hal tersebut disebabkan karena penguasaan sebelum D-II tinggi. Kesimpulan: (l) Universitas Terbuka melalui penyelenggaraan Program D-11 PGSD, memberikan kontribusi yang sangat signifikan (p=O,OOO) terhadap peningkatan pemahaman materi pelajaran; (2) Program D-ll PGSD memberi kontribusi signifikan terhadap peningkatan pemahaman materi pelajaran IP A. Matematika dan Bahasa Indonesia di SD. (3) Pada mata pelajaran IPS dan PPKn, ada peningkatan narnun belum signifikan; (4) Secara keseluruhan Program Penyetaraan D-ll PGSD memberi kontribusi yang besar terhadap peningkatan pemaharnan pada rata-rata semua mata pelajaran di SD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 02/81147
Uncontrolled Keywords: pemahaman materi, kontribusi lembaga, guru sd
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:50
Last Modified: 14 Nov 2018 09:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item