Implementasi Pendekatan Struktur dalam Tutorial Tatap Muka Statistika Dasar untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa S1 PGSD di Sulawesi Selatan

Lince, Ranak and Husnaeni, and Hasmiah, (2005) Implementasi Pendekatan Struktur dalam Tutorial Tatap Muka Statistika Dasar untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa S1 PGSD di Sulawesi Selatan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81430.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendekatan struktural adaiah suatu pendekatan yang menekankan pada penggunaan struktur tertentu untuk mempengaruhi pola interaksi mahasiswa agar perolehan isi akademik meningkat. Struktur tersebut akan membuat mahasiswa terlibat secara aktif selama tutorial, dan mereka bekerja sama dalam kelompok kecil untuk membahas/menjawab pertanyaan/permasalahan yang diberikan tutor, serta dapat memicu dan memacu kemandirian bel ajar mahasiswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kemandirian belajar mahasiswa S I PGSD di Sulawesi Selatan dalam kegiatan tutorial tatap muka statistika dasar jika diajar dengan menggunakan pendekatan struktural? 2) bagaimana kemampuan tutor dalam mengelola kegiatan tutorial tatap muka dengan menggunakan pendekatan struktural? 3) bagaimana tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa dalam statistika dasar setelah diberikan tutorial tatap muka yang berorientasi pendekatan struktural? 4) bagaimana respon mahasiswa terhadap tutorial tatap muka sebelum dan sesudah kegiatan tutorial dengan menggunakan pendekatan struktural? Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Sl PGSD semester II di UPBJJ UT Makassar sebanyak 260 orang. Sedangkan sam pel penelitian dipilih 3 pokjar dari 10 pokjar yang ada dengan cara acak (random). Variabel penelitian ini yaitu tingkat kemandirian belajar mahasiswa, kemampuan tutor dalam mengelola tutorial dengan pendekatan struktural, hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadap tutorial dengan pendekatan struktural. Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen penelitian, yang meliputi: (1) lembar pengamatan kemandirian belajar mahasiswa, (2) lembar pengamatan kemampuan tutor mengelola tutorial, (3) lembar tes hasil belajar mahasiswa, dan ( 4) angket respon mahasiswa terhadap kegiatan tutorial Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskritif, Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan tentang kemandirian belajar mahasiswa, kemampuan tutor, hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadap tutorial statistika dasar dengan pendekatan struktural. Hasil analisis data, diperoleh beberapa temuan antara lain: (1) tutorial dengan menggunakan pendekatan struktural dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa, (2) tutor mampu dan terampil dalam mengelola tutorial dengan menggunakan pendekatan structural, (3) proporsi jawaban mahasiswa adalah baik, dan semua TPK (15 TPK) yang dirumuskan tuntas, ( 4) rata-rata mahasiswa berminat mengikuti tutorial jika diajar dengan pendekatan struktural dari pada diajar bukan pendekatan struktural, dan persentase respon mahasiswa terhadap kegiatan tutorial lebih baik dari pada tutorial yang diajar bukan pendekatan struktural.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 06/81430
Uncontrolled Keywords: TUTORIAL
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item