Harsasi, (2002) Studi Partisipasi dan Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Peserta Tutorial Tatap Muka Rancangan Khusus (TTMRK) Masa Registrasi 2002 di UPBJJ - UT Surakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Surakarta.
|
Text
81228.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh partisipasi rnahasiswa peserta Tutorial Tatap Muka Rancangan Khosus (TTMRK) terhadap prestasi belajarnya, (2) mengetahui pengaruh kcmampuan be!ajar mandiri terhadap prestasi belajar mahasiswa, dan (3) mengetahhui interaksi antara partisipasi dan kemampuan belajar mandiri peserta TTMRK terhadap prestasi bela jar mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta TTMRit yang ada di wilayah UPBJJ - UT Surakarta sebanyak 32 orang mahasiswa. Dengan sampel populasi. lnstrumen tes menggunakan naskah ujian dengan modilikasi pada beberapa nomer dan sesuai dengan mata kuliah pada TTMRK. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan didukung hasil observasi di lapangan. Data kuantitatif yang terkumpul dianalisis dengan bantuan komputer program SPS - 2000, modul Analisis Regresi. Setelah melalui UJt persyaratan, hasil analisa regresi menunjukkan (1) Kemampuan Belajar Mandiri berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi mahasiswa dalam TTMRK dan sebaliknya (P = 0,027), (2) Partisipasi Mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar (P = 0,0 18), (3) Kemandirian Belajar Mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar (P = 0,022), dan (4) Terjadi interaksi antara Partisipasi dan Kemampuan Belajar Mandiri dan berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar (P = 0,019). Ternuan lain menunjukkan (1) Secara umum mahasiswa sangat menyetujui di laksanakan TTMRK, (2) Hasil UAS mata kuliah TTMRK Iebih baik dibanding dengan yang bukan TTMRK, (3) Mahasiswa cenderung bel ajar dengan pola bela jar di perguruan tinggi Konvcnsional. Ill Kesimpulannya adalah mahasiswa peserta TTMRK harus memiliki partisipasi dan kemampuan belajar mandiri dengan baik agar piestasi belajar mereka mencapai hasil yang maksimal. Dan disarankan agar mahasiswa UT agar meninggalkan cara belajar konvensional dan benar-benar .mamahami cara belajar dengan sistcm "Belajar Mandiri". Tutor dan penyelengara harus meningkatkan kualitas penyelenggaraan TTMRK di UPBJJ - UT, •khususnya di UPBJJ Surakarta.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 03/81228 |
Uncontrolled Keywords: | partisipatif, tutorial, TTMRK |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 02:23 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 08:56 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2976 |
Actions (login required)
View Item |